Friday, June 22, 2018

Weaning with Love Zareen

Ini challenge WWL (weaning with Love/menyapih dengan cinta) ke dua buat saya. Bisa baca sedikit tentang WWL disini. Dulu zenn anak pertama saya berhasil lulus saat umurnya 2 thn 5 bulan. Harusnya sih bisa tepat waktu, tapi sayangnya ada satu kesalahn fatal yg saya lakukan yang membuat gagal total. 
Maksud hati merayakan ulang tahun zenn sambil jalan-jalan ke taman mini,, tapi ternyata malah bikin dia ga nyaman, capek dan lalu ngamuk minta enen. Warning nih, kenali sifat anak apakah dia lebih nyaman di rumah ataukah senang dibawa jalan-jalan. Karena lebih baik selalu tempatkan ank pada situasi nyaman saat proses sapih.

Lanjut ke cerita wwl zareen ya.
Ngomong-ngomong diusianya yang sebentr lagi 2 tahun, zareen baru bisa mengucapkan beberapa kata saja. Blm bisa merangkai kalimat. Tapi ternyata sanggup mencerna apa yang mamanya 'dokrin' haha

Sebulan sebelum hari H (tgl 6 april ), saya sudah mulai ngomong-ngomongin (sounding) masalah ulang tahun, berenti enen, bukan dede bayi, yah secara garis besar seperti itu.
Saya pakai gambaran sosok yang dia kenal kayak kakaknya (zenn) dan sepupu-sepupunya yang semuanya udah ga enen lgi.
Waktunya kpn ngobrol sama zareen ? Waktu terbaik adalah saat enen! Karena itu adalah saat-saat bonding terbaik.

Berikut kata-kata yang aku pakai :
1. Zareen sebentar lgi ulang tahun looh (apa itu ulang tahun?) Tiup lilin dan potong kue horeee. Katakan dg antusias dan gembira ya. Lebih baik lagi deskripsikan secara sederhana dan dengan contoh kongkrit, lebih baik lagi klo si anak pernah lihat teman atau saudara pernah ulangtaun.
Kenapa kita penting sebut2 ulang tahun? Karena menurut saya, si anak harus punya sesuatu yang disebut hari H.
2. Zareen sudah besar ya, hebat sudah bisa jalan, lari, gak ngerondang lagi kyak dede bayi. (Di sini ditekankan si anak bukn lagi bayi)
3. Kalo dede bayi enen, kalo sudah besar minum susu kotak yaa.. kayak kaka ga enen, B ga enen, C g enen, tpi dede bayi D masih enen. ( Usahan sertai contoh sosok yang dia kenal)
4. Nanti klo udah tiup lilin, ga usah enen lgi ya.. udah cukup. Kalo laper makan, klo haus minum air putih dan susu kotak.

Kira-kira seperti itu ya. Walaupun belum bisa bicara seperti kita, anak seusia zareen udah bisa dikasih sounding ya. Jangan khawatir, mereka lbh cerdas dari yg kita kira.

Proses.
1. Seminggu sebelum hari H, zareen udah makin jelas mengurangi frekuensi enennya. Bahkan kadang, cuma narik-narik baju tapi ga minta! Dai terlihat agak malu-malu haha.
Respon saya adalah :
Zareen mau enen ya? Sekarang masih boleh, tapi nanti kalau udah tiup lilin.. enennya stop ya. Jangn lupa sambil cium dan peluk yaaa... Inget, lepas dri enen itu kan buat anak patah hati, lakukan dengan lembut dan penuh kasih sayang.
2. Jangan menolak permintaan enen anak! Ini wajib ya. 2-3 sebelum hari H, biasanya anak akan menjadi2 enennya, mungkin merasa bentar lgi akan kehilangan. Jadi puas-puasin dulu lah 😁. Sip ya, jangan nolak apalagi bikin anak kejer.
Inget bu, dulu wktu anak baru lahir, kita segitu paniknya kalo anak ga mau nyusu 😂 mau putus pun harus baik-baik dong yaa
2. Tetapkan hari H. Saya pilih hari H nya hari sabtu, biar ada bala bantuan suami dan ponakan untuk menglihkan perhatian zareen.
3. Siapkn acara tiup lilin! Percaya gak percaya, its work! Ga harus kue mahal, aku cukup buat kue instan lalu dihias pake yuppi haha
4. Setelah acara tiup lilin, harus komit! No enen sama sekali. Kalo ngasih lagi, berati gagal dan harus ulang ritual dari point teratas lagi (pengalaman zenn).
4. Kesulitan yang hakiki adalah saat-saat mau tidur. Berpisah dari sesuatu yang membuatnya nyaman selama 2 tahun kan gak mudah ya. Yang ABG aja suka susah move on, apalagi toddler 😁. Tapi Tenang, ini paling hanya berlangsung 3 hari. Insyaallah anak akan menemukan cara sendiri untuk tidur. Sabar, kalau anak tantrum, ibunya jangan ikut tantrum juga :( kasihan si anak.

Berbeda dengan Zenn, Zareen ini anaknya paling seneng jalan-jalan. dan, anehnya dari umur 1 tahunan sekian, tiap keluar rumah ga pernah minta enen! cuma mau minum susu botol kayak kakaknya. peniru ulung ya memang si adik. Jadi, seperti sudah diperkirakan, WWL kali ini ga sedrama Zenn. hari pertama sapih pun, dia langsung jalan-jalan jauh sama nenek dan tantenya, tanpa mama :( antara seneng dan sedih haha udah cuek aja, karena biasanyapun kalo jalan ga mau enen.

hari pertama dari pagi sampai sore aman. menjelang tidur, Zarenn nangis sediiih banget :( tapi tetep ngerti ga minta enen. tiap liat mamanya, nangis sediih.. begitu terus. Tidur siangpun gitu, yang berhasil ngeboboin jadinya adalah yangti.
Hari kedua tidak sesedih kemarinnya. tapi masih ehek-ehek. beruntung anaknya suka baca buku sebelum tidur. dipeluk papa, akhirnya bobo.
Hari ketiga dan seterusnya lancaaar... sudah makin terbiasa, bisa bobo sendiri :D

Alhamduliilah dikasih kemudahan saat WWL Zareen. jangan lupa berdoa sama Allah ya, karena Ia yang menggenggam setiap hati. semoga dimudahkan semua yang sedang proses sapih, ibu dan anak sama-sama rela dan ikhlas (ya iya iklas biasanya nyapih anak pertama agak sentimentil tuh para emak :D :)


Sunday, June 3, 2018

Gorden Kolong Dapur

Nempatin rumah baru itu banyaak banget PRnya. Selain baru ngalamin yang namanya beli piring, sendok sama gelas haha
Dari sekian banyak PR, yang bisa diakalin budgetingnya ya aku akalin dulu. semisal bagian kolong dapur.

Karena budgetnya dipakai buat kepentingan yang lain dulu, tentu susah kalo ditambah bikin kitchen set yang mahal itu. eh bisa sih bikin pintu-pintuan doang tanpa rak, tapi aku pilih yang lebih ekonomis lagi yaitu gorden kolong dapur.

Di rumah ada mesin jahit, jadi aku beli beberapa meter kain lalu dijahit untuk gorden kolong. lumayan mudah buat aku yang baru bisa jahit-jahit lurus doang :)
bagian atasnya aku kasih lubang untuk tempat masuknya besi. yah semacam lubang pada guling.


Cara pasang gorden dapurnya gimana? karena aku ga mau merusak bagian keramik (kan tetep ada keinginan buat pasang pintu suatu saat nanti yakaaan...), jadi aku gak pakai cara bor-boran ya. aku cari hook seperti gambar di bawah. lalu gorden yang udah dimasukkan besi di dalamnya, tinggal disangga pakek hook ini.




Yeayy berkurang 1 PRnya. gimana? lumayan lah yaa.... alhamdulillah.

Monday, March 19, 2018

[ Review ] Morphun

Beberapa waktu lalu, zenn alhmdulillah dapet hadiah morphun hasil seseruan bareng indonesia montessori club (atau biasa disebut IMC). IMC ini biasanya tiap bulan ngadain challange. Challangenya adalah mengajak kita untuk siapin aktivitas selama sebulan bareng anak-anak yg jadwalnya sudah disiapkan IMC. Kali ini disponsori oleh SLEEK. Seruuu... Belum lagi hadiahnyaaa selalu bikin ngiler. Yang mau tau lebih tentang IMC klik sini.

Ini nihhh hadiahnya yg ditunggu-tunggu 😆


Sejibun produk SLEEK yang wanginyaaaa endeeesss enak banget dan produk morhun Dinosaurs construction set.



Sepintas kaya lego brick biasa ya, cuma kalo morpun ini bisa disusun ke atas dan ke samping karena ada kuncian tambahan.


Pertama kali nyobain, agak kagok pasang/copotnya karena terbiasa dengan brick 😅

Tapi ini addict banget.. sayangnya anak-anak masih terlalu kecil untuk tau keseruan bebikinan pake morphun. Jadi sementara ini emak bapaknya yang heboh bikin, anak-anak disuruh bantu ambil bentuk dan warnanya dulu.


2 dimensi hayuk, 


3 dimensi pun bisa.


Hasil iseng papa yg lg dipojokan tuh, nangisin anak sendiri karena tangannya diborgol morphun 😂

Penemuan mahakarya hahaha 

Untuk harganya,  500ribuan untuk tipe ini. Waw, kayaknya belum masuk ke list budget kalo harus beli sendiri.

Tapi memang bagus banget sih, sebanding sama kreatifitas yang bakan anak-anak dapet dengan main ini. Plus walaupun jatuh, konstruksinya ga gampang amburadul dan gak gampang berhamburan.

Sunday, March 18, 2018

(Review) Cobain Bumbu Instan 'Koki jempol' Rasa Tomyam

Belanja bulanan kemaren, cari-cari bumbu instan tomyam ko tumben ga ada entah ga nemu.

Berhubung sudah terlanjur beli bahan frozennya, iseng cari online aja. Cari-cari-filter-harga termurah 😂, munculnya merk KOKI JEMPOL. Coba aja lah yaaa.



Paket sampe kebetulan hari minggu. Ageng pas libur, haripun lagi dingin-dingin hujannn terus. Perfect! Langsung eksekusi.

Begitu dibuka, waw wanginya fresh. 


 bumbu hasil numis barusan loh.
Kemasannya ekonomis. Pas untuk sekali rebus.
Rasanyaaa? Wuaah.. sedaaap..Wanginya pun okeee. Rasa asamnya agak kuat, jadi seger.

Biasanya, kalau beli bumbu instan merk lain, saya masih sibuk tambah ini itu. Kurang saus lah, tambahin boncabe lah, tambahin apalah-apalah buat koreksi rasa.


Tapi merk ini cocok banget di lidah, passs.
Harganya kisaran 7.000an. jadi 1 panci sedang. Lumayan bgt kan yaaa....

Friday, March 2, 2018

Make over Bangku Lama

Ada 1 bangku yg aku ikut boyong waktu pindahan ke rumah baru. Bangku paling menyimpan kenangan buat aku karena menyimpn banyak kenangan tentang alm papa.

Begini penampakan sebelumnya. Sudah berkarat dan warnanyapun sudah kusam.
Hingga suatu hari, aku putuskan untuk memberi sentuhan baru, biar ga melulu sedih dan melow.

Pertama, aku kasih lapisan busa di atasnya. Lanjut lapis dengan kain. Lem yang aku pakai untuk menempel kain dan busa ke badan kursi adalah lem fox kuning sejenis lem aibon. Daya rekatnya ternyat kuat sekali loh!

Nah, Kali ini aku pilih kain motif bunga karena ingin bertemakan shabby.
Tak lupa, bagian yg berkarat diamplas dulu sampai halus. Tujuannya selain menghilangkan karat, juga membuat cat gampang menempel.
Kalian bisa memakai cat besi / kayu / cat enamel ya.

Dan ini hasilnya.. cukup puas 😁 kursi lama rasa baru kan? Ga pake mahal udah dapet kursi baruuu yippieee...
Kalian punya benda lama bisa di make over? Cobain deh, kegiatan ini asik dan menyenangkan untuk dicoba.

Wednesday, August 26, 2015

Mulai Dari Nol Lagi

Zenn sudah hampir 10 bulan looh, sudah kebayang dibenak asiknya bisa nge-craft lagi, cari duit lagi haha, bisa jalan-jalan liburan agak jauhan sama zenn, dan segudang keinginan serta aktifitas yang sekarang harus 'diteken' karena sudah hampir luber mau meluap-luap.

Tetiba, Semingguan kemarin badan kayanya ga fit. Sering pusing, ngantuk, ga bisa minum air putih, daaan eneg! Masya Allah, deg2an udah mikir macem-macem. Dicoba minum madu terus setiap hari, alhamdulillah enegnya makin berkurang. Oh mungkin cuma karena kemaren-kemaren lagi banyak pikiran dan sering kesel makanya maghnya kambuh, saya pikir sih begitu.

Tapi masih ngeganjel di hati, kok rasanya ada sesuatu yang beda. Ceritalah sama suami waktu lagi jalan-jalan pagi sekitaran kompleks.

Dan dia bilang, dari pada cuma ngira-ngira lebih baik langsung cek. Dari pada keburu makan macem-macem, minum obat, dll. Iyaaa, saya curiga takutnya hamil lagi huhu

Sekalian lewat minimarket, dibelilah si TP. Besok paginya sebelum solat subuh, saya bawa TP ke kamar mandi. Persiapan, dan cek. Jedaar!! Garis 2! Perasaan ga karuan, bingung. Ambil wudhu, balik kamar, dan sholat.

Sampe kamar, Suami udah gelisah nungguin. Ga saya gubris pertanyaannya haha langsung solat. Suami sambil jagain zenn bobo, sambil cari-cari TP nya.

Selesai solat, ga tau gimana langsung nangis sejadi-jadinya. yakin deh, liat saya nangis pasti suami langsung tau jawabannya. Aku kasih TPnya, dan Ageng langsung meluk sambil nenangin. "Alhamdulillah duy. insyaallah kalo Allah nitipin anak lagi, pasti dititipin juga rejeki buat ngebesarinnya. Tenang aja." Gitu yang pertama kali dibilang Ageng.

Haha ini nangis tuh bukan mikirin ntar mau ngasi makan anak pake apa. Tapi mikirin rasa sakit abis caesar, mikirin gimana urusan tetekbengek kerjaan rumah, juga gimana caranya bagi waktu buat ngurusin indecraft, ama kebayang gendong dan gandeng 2 anak dalam waktu bersamaan hahaha.

Tapi yowis lah, ditenangin aja hatinya. Udah itu ga bilang sama sekali ma nyokap. Seolah ga terjadi apa-apa haha sok2an ga hamil. Malah berasa kaya anak SMA yang hamil di luar nikah gitu haha

Trus tanya2 sama temen yang ngalamin kebablasan kaya gini, cari "temen"lah ibaratnya :p dikasi pencerahan ama ngimongin pengalaman dia, udah deh.. Jadi makin tenang. Abis lucu sih kalo liat foto2 anaknya yang sekarang udah pada bisa jalan, kaya anak kembarrrrr.. Jadi semangat hohoho

Bismillahirrohmanirrohim.. Semoga Allah permudah segalanya. Amiin.

Wednesday, June 24, 2015

GTM (Gerakan Tutup Mulut) MPASI Zenn

Hal yang paling saya ingat ketika masih kecil dan disuapin mama yaitu kata-kata "satu lagi, satu lagi, satuuuuu aja..." Haha iya, maksudnya ayo buka mulutmu dan makanlah satu sendok lagi. Ketika sudah satu sendok masuk, maka kata-kata tadi diulang lagi begitu seterusnya ;)
Dan sekarang, saya barulah mengerti mengapa mama berbuat seperti itu. Karena ternyata satu suap makanan yang masuk mulut anaknya sangaaat berarti haha
Apalagi dari minggu kemarin Zenn (7 bln +) sudah susaaah sekali makan. Apa ini yang namanya GTM (gerakan tutup mulut) bayi? Pertama kali disuapin, Zenn mau membuka mulut, tapi setelah 2-3 kali suap dan mencoba rasanya Zenn mulai aksi tutup mulutnya, mingkem rapat saudara-saudara!
Awalnya, Zenn sudah tidak mau lagi makanan blander, maunya lontong coba! Gegara tiap buka puasa liat mamanya makan lontong dan dia mau, trus mau lagi dan lagi (dipilihin yang bagian nasi putihnya, rasanya tawar ko jd aman).
Semenjak itulah nasi tim nya cuma saya penyek, atau kadang nasi saya rebus lagi ditambah sayur/lauk dg sedikit air, baru kemudian dipenyek dengan sendok. Tapi tetap lama sekali makannya, kebanyakan diemut.
Hal lainnya, Zenn tidak suka makan dengan sendok dan piringnya. Dia tampak tertarik jika diberikan makanan yang bentuk kemasannya berbeda, semisal lontong yang dibungkus daun, nasi di piring mama, atau makan dari panci langsung haha Oh iya, Zenn juga lebih suka bila disuapin langsung pakai tangan.
Nah, minggu lalu yangti yangkung dari suami dateng nengok Zenn. Waktu itu saya sedang di dapur, dan waktu ke ruang tamu beberapa saat kemudian, lihat Zenn lagi disuapin kentang tumbuknya steak 21. Alamaak! Semakin didekati semakin semerbak lah wangi MSG-nya dan apa kabar kandungan garamnya! Duh gusti.. Mau nyicipin ga bisa karena lagi puasa. Mau ngelarang, wah Zenn lahap sekali makannya, mana bisa saya 'melawan' kakek neneknya kalau seperti itu :'( padahal baru kemarin saya buatkan kentang tumbuk (tanpa bumbu) dan Zenn tidak seantusias ini, cuma habis sedikit :'(
Apa mungkin si bayi 7 bulan ini sudah mengenali rasa gurih? Duh masa iya sih!
Besoknya langsung saya buatkan nasi tim (nanti nasinya dipenyek lagi pakai sendok) dan parutan wortel (mau dipakein ikan or ayam masih sakit hati, ujung-ujungnya buat kucing huhu) Kali ini ditambah bawang putih (cuma dibelah 2 aja) dan seledri. Selagi panas, saya tambahkan margarin sedikit (duh garam deh! Di grup2 menyusui juga disarankan MPASI pakai margarin untuk menambah kandungan lemak, tapi mungkin yang no salt ya?)
Eh mau loh. Habis banyak.
Jadi, ini karena efek margarine, bawang, dan seledri, atau karena kebetulan laper? Besok dicoba lagi deh tapi tanpa margarin, lebih baik diganti kaldu atau tempe saja ya biar gurih.
Yuk mari ah masak lagiii~~~