Wednesday, August 26, 2015

Mulai Dari Nol Lagi

Zenn sudah hampir 10 bulan looh, sudah kebayang dibenak asiknya bisa nge-craft lagi, cari duit lagi haha, bisa jalan-jalan liburan agak jauhan sama zenn, dan segudang keinginan serta aktifitas yang sekarang harus 'diteken' karena sudah hampir luber mau meluap-luap.

Tetiba, Semingguan kemarin badan kayanya ga fit. Sering pusing, ngantuk, ga bisa minum air putih, daaan eneg! Masya Allah, deg2an udah mikir macem-macem. Dicoba minum madu terus setiap hari, alhamdulillah enegnya makin berkurang. Oh mungkin cuma karena kemaren-kemaren lagi banyak pikiran dan sering kesel makanya maghnya kambuh, saya pikir sih begitu.

Tapi masih ngeganjel di hati, kok rasanya ada sesuatu yang beda. Ceritalah sama suami waktu lagi jalan-jalan pagi sekitaran kompleks.

Dan dia bilang, dari pada cuma ngira-ngira lebih baik langsung cek. Dari pada keburu makan macem-macem, minum obat, dll. Iyaaa, saya curiga takutnya hamil lagi huhu

Sekalian lewat minimarket, dibelilah si TP. Besok paginya sebelum solat subuh, saya bawa TP ke kamar mandi. Persiapan, dan cek. Jedaar!! Garis 2! Perasaan ga karuan, bingung. Ambil wudhu, balik kamar, dan sholat.

Sampe kamar, Suami udah gelisah nungguin. Ga saya gubris pertanyaannya haha langsung solat. Suami sambil jagain zenn bobo, sambil cari-cari TP nya.

Selesai solat, ga tau gimana langsung nangis sejadi-jadinya. yakin deh, liat saya nangis pasti suami langsung tau jawabannya. Aku kasih TPnya, dan Ageng langsung meluk sambil nenangin. "Alhamdulillah duy. insyaallah kalo Allah nitipin anak lagi, pasti dititipin juga rejeki buat ngebesarinnya. Tenang aja." Gitu yang pertama kali dibilang Ageng.

Haha ini nangis tuh bukan mikirin ntar mau ngasi makan anak pake apa. Tapi mikirin rasa sakit abis caesar, mikirin gimana urusan tetekbengek kerjaan rumah, juga gimana caranya bagi waktu buat ngurusin indecraft, ama kebayang gendong dan gandeng 2 anak dalam waktu bersamaan hahaha.

Tapi yowis lah, ditenangin aja hatinya. Udah itu ga bilang sama sekali ma nyokap. Seolah ga terjadi apa-apa haha sok2an ga hamil. Malah berasa kaya anak SMA yang hamil di luar nikah gitu haha

Trus tanya2 sama temen yang ngalamin kebablasan kaya gini, cari "temen"lah ibaratnya :p dikasi pencerahan ama ngimongin pengalaman dia, udah deh.. Jadi makin tenang. Abis lucu sih kalo liat foto2 anaknya yang sekarang udah pada bisa jalan, kaya anak kembarrrrr.. Jadi semangat hohoho

Bismillahirrohmanirrohim.. Semoga Allah permudah segalanya. Amiin.

Wednesday, June 24, 2015

GTM (Gerakan Tutup Mulut) MPASI Zenn

Hal yang paling saya ingat ketika masih kecil dan disuapin mama yaitu kata-kata "satu lagi, satu lagi, satuuuuu aja..." Haha iya, maksudnya ayo buka mulutmu dan makanlah satu sendok lagi. Ketika sudah satu sendok masuk, maka kata-kata tadi diulang lagi begitu seterusnya ;)

Dan sekarang, saya barulah mengerti mengapa mama berbuat seperti itu. Karena ternyata satu suap makanan yang masuk mulut anaknya sangaaat berarti haha

Apalagi dari minggu kemarin Zenn (7 bln +) sudah susaaah sekali makan. Apa ini yang namanya GTM (gerakan tutup mulut) bayi? Pertama kali disuapin, Zenn mau membuka mulut, tapi setelah 2-3 kali suap dan mencoba rasanya Zenn mulai aksi tutup mulutnya, mingkem rapat saudara-saudara!

Awalnya, Zenn sudah tidak mau lagi makanan blander, maunya lontong coba! Gegara tiap buka puasa liat mamanya makan lontong dan dia mau, trus mau lagi dan lagi (dipilihin yang bagian nasi putihnya, rasanya tawar ko jd aman).

Semenjak itulah nasi tim nya cuma saya penyek, atau kadang nasi saya rebus lagi ditambah sayur/lauk dg sedikit air, baru kemudian dipenyek dengan sendok. Tapi tetap lama sekali makannya, kebanyakan diemut.

Hal lainnya, Zenn tidak suka makan dengan sendok dan piringnya. Dia tampak tertarik jika diberikan makanan yang bentuk kemasannya berbeda, semisal lontong yang dibungkus daun, nasi di piring mama, atau makan dari panci langsung haha Oh iya, Zenn juga lebih suka bila disuapin langsung pakai tangan.

Nah, minggu lalu yangti yangkung dari suami dateng nengok Zenn. Waktu itu saya sedang di dapur, dan waktu ke ruang tamu beberapa saat kemudian, lihat Zenn lagi disuapin kentang tumbuknya steak 21. Alamaak! Semakin didekati semakin semerbak lah wangi MSG-nya dan apa kabar kandungan garamnya! Duh gusti.. Mau nyicipin ga bisa karena lagi puasa. Mau ngelarang, wah Zenn lahap sekali makannya, mana bisa saya 'melawan' kakek neneknya kalau seperti itu :'( padahal baru kemarin saya buatkan kentang tumbuk (tanpa bumbu) dan Zenn tidak seantusias ini, cuma habis sedikit :'(

Apa mungkin si bayi 7 bulan ini sudah mengenali rasa gurih? Duh masa iya sih!

Besoknya langsung saya buatkan nasi tim (nanti nasinya dipenyek lagi pakai sendok) dan parutan wortel (mau dipakein ikan or ayam masih sakit hati, ujung-ujungnya buat kucing huhu) Kali ini ditambah bawang putih (cuma dibelah 2 aja) dan seledri. Selagi panas, saya tambahkan margarin sedikit (duh garam deh! Di grup2 menyusui juga disarankan MPASI pakai margarin untuk menambah kandungan lemak, tapi mungkin yang no salt ya?)

Eh mau loh. Habis banyak.

Jadi, ini karena efek margarine, bawang, dan seledri, atau karena kebetulan laper? Besok dicoba lagi deh tapi tanpa margarin, lebih baik diganti kaldu atau tempe saja ya biar gurih.

Yuk mari ah masak lagiii~~~

Wednesday, June 17, 2015

(Review) Gendongan Moby Wrap

Semenjak berumur 2 bulan, Mulailah saya kelimpungan kalau gendong Zenn seharian. Berasa deh tuh sakit pinggang, sakit punggung,dan nyut-nyutan di bekas jahitan operasi caesar.

Dan saya ga suka pakai gendongan kain panjang karena bikin nyeri di bahu. Nah, kalau sudah nyeri bahu pasti sakit kepala muncul, sakitnya sama seperti jika saya memakai tas pundak berat terlalu lama. Otot kepala rasanya ketariiik. Fyuuh.

Mau pakai gendongan yang seperti ransel, kok kayanya belum tega, karena posisi gendongannya kebanyakan membuat si bayi harus duduk.

Jadilah setiap malam badan rentek pol. dipijit pun jadi kegiatan rutin tiap malam, siapa tukang pijitnya? Ya suami haha

Saat lagi jalan-jalan, saya berpapasan dengan seorang mba yang gendong bayi. Wah! Gendongannya sepertinya nyaman sekali. Yang saya bisa lihat sepintas, gendongan itu berbahan kain kaos dan membungkus si bayi dengan sempurna. Si bayi berada di tengah dada dan digendong dengan posisi menghadap si ibu. Ah! Sepertinya ini yang saya cari!

Langsung googlinglah saya. Karena saya ga tahu apa namanya, mulailah saya telusur dengan kata kunci 'gendongan kain'. Dan muncullah apa yang saya cari hehe Ada beberapa merk sebetulnya, tapi pada dasarnya sama-sama berupa kain kaos panjaaaang +/- 4 meter yang kemudian dililitkan dengan beberapa cara.

Saya beli dengan merk 'moby'. Moby ini aslinya keluaran luar negeri, dan sepertinya yang saya beli ini cuma KW nya huhu dengan harga 160 ribu atau 180-an ribu, saya lupa hehe

Merk indonesia juga ada, namanya bobita. Kalau menurut saya sih mending beli ini dong, asli. Sayang, waktu itu sudah terlanjur beli moby karena sudah menggebu-gebu haha

Oke, setelah saya pakai ( belajar dulu dari you tube biar jelas haha, sebenarnya mudah tapi karena kainnya panjaaaaaang jadi agak repot kalau belum biasa) memang anti pegal. Mungkin karena berat beban dibagi rata kanan kiri. Sulitnya adalah, karena zenn waktu pertama kali pakai moby masih kecil dan kepalanya masih belum tegak, agak kesulitan saat mau memasukkan zenn ke gendongan. Ngeriii, masih kecil sekaliii takut ada yang 'kecengklak' haha

Tapi zenn suka, malah suka ketiduran. Oiya Kelebihannya lagi, tangan saya jadi bisa leluasa bergerak bebas yuhuuuuu! :D

Sekarang saat Zenn sudah 7 bulan, pakai moby lebih enak. Ga takut lagi pindah-pindah posisi, sudah besar jadi ngga takut 'kecengklak lagi hohoho.

Produk ini rekomen loh ya, jadi selamat menggendong bayi anda ibuuu :*

Monday, June 1, 2015

Lagu Penghantar Tidur (lullaby) untuk Zenn

Perkara menidurkan bayi itu susah, susah, susah, susah, susah, gampang. eh nulis susahnya kebanyakan ;p
Dalam setiap artikel mengatakan, bayi kenyang = Tidur nyenyak dan lama. Percaya? buat yang udah punya anak sih, artikel tersebut TETOOOT. hahaha

Nyatanya ga semudah itu ;p walau sudah minum asi full tank, sudah makan banyak, tetap aja adakalanya si bayi gampang terbangun.

Lalu dicobalah dengan trik 'menyetel lagu' sebagai penghantar tidur. Setelah mencoba beberapa lagu nina bobo / lullaby, lagu-lagu dari jhonson baby yang paling berhasil bikin emaknya Zenn cepet bobo. Ada 4 lagu pilihan yang bisa didownload secara gratis di web jhonson baby, yaitu rockabye baby, twinkle-twinkle little star, lullaby and goodnight, dan hush little baby. Lagu-lagu tadi Aransementnya emang bikin ngantuk. Atau entah karena vocal penyanyinya ya. Silahkan buktikan hehe

Hoooaam jadi ngantuk. Yuk ahh ngelonin anak dulu :p

REVIEW Lipstik Wardah Longlasting No 01 dan 04

Setiap mau kondangan, pasti saya bingung sendiri. Karena udah punya anak, berarti kan waktu buat dandannya musti dikurangin ya bu ibuu haha. Tapi saya juga ga mau keliatan lecek2 banget mukanya, yaaa sekali2 lah mumpung lagi mandi X))

Nah, alat make up yang cepat tapi berefek banyak adalah lipstik! Trus Liat stok lipstik yang cuma 2 biji, yaelaahh ga ada yg bisa diliat! haha lupa narohnya dimana!

Dan kebetulan liat iklan wardah. Belum pernah pake, jd pengen coba. Setelah googling liat-liat review, akhirnya saya memutuskan untuk beli lipstik longlasting-nya wardah. Ya iya dooong, harus yang tahan lamaaaa dan awet, kan buat dipake makan di kondangan! (Haishh emak-emak bgt saya :'( !)



Cus beli yg no 01-fabulous peach dan 04 - pink antique Hehe harganya 40ribuan-something. 01 dipakenya enak! Langsung ngebaur rata di bibir walaupun ga pake kuas. (Emang ga punya kuas lipstik juga sih X)). Tapi yang shade no 04 harus beberapa kali oles untuk mendapatkan warna yang diinginkan dan menutup warna bibir asli. Ga tau deh ko bisa beda-beda gitu.


Tapi warnanya bagus deh di bibir, tampilannya mate. Ga ada glosynya sama sekali. Saya sih suka, kl mau efek glosy nanti dioles lipstik cair aja or lipbalm.
Walaupun mate tapi ga bikin bibir jadi kering,katanya sih ada kandungan jojoba oil. Cuma bikin kecanduan aja haha. Di rumah aja suka iseng oles2. Sampe suami kalo pulang kerja suka nanya, " abis dari mana?" Ish

Tapi ada minusnya jugaaa, masa tiba-tiba lipstiknya 'pluk' jatoh dari cangkangnya. Untung lagi di rumah, bisa dipungut! Haha Setelah baca baca dari beberapa review ternyata banyak juga yang mengalami kejadian 'lepas dari cangkang', memang mudah lepas sepertinya. Jadi hati-hati ya, jangan sampai isi lipstiknya jatuh di toilet or tempat umum >_<
So, repurchase? Iyeees doong! Mauu, kan mau coba warna-warna lainnya juga :) *yukk Zenn.. Temenin mama jajan lipstiiiiik :D~~

Wednesday, May 20, 2015

Menghilangkan Biang Keringat Pada Bayi (Berdasarkan Kisah Nyata :p)

Zenn itu paliiing gampang keringetan. Bobo di kamar ber AC 21C pun gobyos, sementara emaknya sibuk cari cari selimut :D

Biasanya sih aman-aman aja dari biang keringat dan ruam kemerahan. Sampai suatu hari, di lipatan leher belakang, bahu, dan punggung bawah muncul biang keringat, merah merah maak.

Browsing2 cara menghilangkan biang keringat pada bayi. Ok. Katanya ga boleh pakai baju tebal, cukup yang adem dan menyerap keringat.Sering-sering diseka keringatnya pakai air, jangan dibedakin. Sip.
Udah semua dilakuin, tapi biang keringetnya makin parah. Merahnya makin banyaak.

Oke, berati waktunya kita cari dimana letak kesalahannya.
Air yang dipakai zenn buat mandi adalah air tanah, tapi dari bayi sampe sebelumnya ga masalah tuh. Berati bukan. Oiya, Akhir-akhir ini mandiin zenn pakai sabun bayi batangan. Gegara ilfil sama sabun bayi cair yg licinnya ampun2an. Mandiin bayi pake sabun gak licin aja udah dagdigdug, apalagi ditambah sabun licin, alamaak bayi kan kaya belut ugel ugelan, takut kelepas ah!
Pas dilihat sabun batangannya, wah sabunnya benyek.. Jangan2 jadi ga steril ya? Mau ga mau, coba beralih lagi ke sabun cair licin lagi. Mau beli sabun cair yg ga licin, tapi ga tau gimana nyobanya waktu di supermaket. Masa iya tangannya musti dibasahin dulu? Lagian sabun yg ini masih banyaaaak. Sayang ah buat beli lagi. Pelit. Biarin. Haha

Eh tapi waktu lagi browsing apa gitu, malah nemu tentang sabun antiseptik bayi yang katanya bisa ngilangin ruam bayi dan biang keringat juga. Namanya LACTACYD BABY. Murah pula, 20.000an katanya. Ahaaa! (Cih! Mamak itung-itungan)
Langsung beli dan dipake. Menurut petunjuk penggunaan, bisa ditetesin ke air mandinya atau bisa juga dipakai buat pengganti sabun/sampo.
Biar khasiatnya double (kata siapa?), dua-duanya gw dilakuin. Kali-kali lebih cepet ampuhnya :p tapi aromanya kaya antiseptik, gw ga suka. ( ya pan emang antiseptik mak!) Jadi abis pake itu dibilas lagi pake sabun cair haha. Ribet ya gw!

Eh! Bener loh, dalam sehari kemerahannya sudah banyak menghilang. Tinggal dikit-dikit. Besoknya dipake lagi, dan zenn udah mulus lagi. Hohoo asiiikkk selamat ya Zenn!
Tapi gw ga tau ya alhamdulillah sembuhnya karena ga pake sabun benyek lagi atau karena lactacyd. Atau mungkin saling berkaitan ya? (Bisa jadiii bisa jadiii)