Wednesday, June 24, 2015

GTM (Gerakan Tutup Mulut) MPASI Zenn

Hal yang paling saya ingat ketika masih kecil dan disuapin mama yaitu kata-kata "satu lagi, satu lagi, satuuuuu aja..." Haha iya, maksudnya ayo buka mulutmu dan makanlah satu sendok lagi. Ketika sudah satu sendok masuk, maka kata-kata tadi diulang lagi begitu seterusnya ;)

Dan sekarang, saya barulah mengerti mengapa mama berbuat seperti itu. Karena ternyata satu suap makanan yang masuk mulut anaknya sangaaat berarti haha

Apalagi dari minggu kemarin Zenn (7 bln +) sudah susaaah sekali makan. Apa ini yang namanya GTM (gerakan tutup mulut) bayi? Pertama kali disuapin, Zenn mau membuka mulut, tapi setelah 2-3 kali suap dan mencoba rasanya Zenn mulai aksi tutup mulutnya, mingkem rapat saudara-saudara!

Awalnya, Zenn sudah tidak mau lagi makanan blander, maunya lontong coba! Gegara tiap buka puasa liat mamanya makan lontong dan dia mau, trus mau lagi dan lagi (dipilihin yang bagian nasi putihnya, rasanya tawar ko jd aman).

Semenjak itulah nasi tim nya cuma saya penyek, atau kadang nasi saya rebus lagi ditambah sayur/lauk dg sedikit air, baru kemudian dipenyek dengan sendok. Tapi tetap lama sekali makannya, kebanyakan diemut.

Hal lainnya, Zenn tidak suka makan dengan sendok dan piringnya. Dia tampak tertarik jika diberikan makanan yang bentuk kemasannya berbeda, semisal lontong yang dibungkus daun, nasi di piring mama, atau makan dari panci langsung haha Oh iya, Zenn juga lebih suka bila disuapin langsung pakai tangan.

Nah, minggu lalu yangti yangkung dari suami dateng nengok Zenn. Waktu itu saya sedang di dapur, dan waktu ke ruang tamu beberapa saat kemudian, lihat Zenn lagi disuapin kentang tumbuknya steak 21. Alamaak! Semakin didekati semakin semerbak lah wangi MSG-nya dan apa kabar kandungan garamnya! Duh gusti.. Mau nyicipin ga bisa karena lagi puasa. Mau ngelarang, wah Zenn lahap sekali makannya, mana bisa saya 'melawan' kakek neneknya kalau seperti itu :'( padahal baru kemarin saya buatkan kentang tumbuk (tanpa bumbu) dan Zenn tidak seantusias ini, cuma habis sedikit :'(

Apa mungkin si bayi 7 bulan ini sudah mengenali rasa gurih? Duh masa iya sih!

Besoknya langsung saya buatkan nasi tim (nanti nasinya dipenyek lagi pakai sendok) dan parutan wortel (mau dipakein ikan or ayam masih sakit hati, ujung-ujungnya buat kucing huhu) Kali ini ditambah bawang putih (cuma dibelah 2 aja) dan seledri. Selagi panas, saya tambahkan margarin sedikit (duh garam deh! Di grup2 menyusui juga disarankan MPASI pakai margarin untuk menambah kandungan lemak, tapi mungkin yang no salt ya?)

Eh mau loh. Habis banyak.

Jadi, ini karena efek margarine, bawang, dan seledri, atau karena kebetulan laper? Besok dicoba lagi deh tapi tanpa margarin, lebih baik diganti kaldu atau tempe saja ya biar gurih.

Yuk mari ah masak lagiii~~~

No comments:

Post a Comment